Minggu, 20 Maret 2011

teknologi real D

TEKNOLOGI REAL D


Teknologi Real D sendiri adalah teknologi terdepan di bidang 3D, menggunakan system proyeksi stereo pertama untuk bioskop digital. Yang mebedakan film 3D dengan film biasa adalah perasaan kita yang bisa seperti berada di dalam film tersebut.

 

 Apa bedanya 3D, REAL D 3D, IMAX 3D, n Shot-in-3D ?

3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.
RealD 3D, sebagai salah satu teknik peyajian film 3D digital saat ini, selain Dolby 3D dan XpanD. Kesamaan antara Dolby 3D dan RealD, adalah sama-sama memanfaatkan kepraktisan dari Digital Cinema. Gambar kiri dan kanan ditampikan hanya dng satu proyektor digital saja. Artinya gambar kiri dan kanan ditampilkan secara bergantian dengan frame rate yg sangat tinggi: 72 frame per detik!
pada masing2 gambar kiri dan kanan. Tentu kepraktisan ini, tetap menjadi hambatan di Indonesia, krn hanya 4 gedung bioskop (saat artikel ini ditulis) yg dilengkapi dengan Digital Cinema Projector. Kesamaan yang lain antara Dolby 3D dan RealD 3D adalah penonton memakai kacamata pasif (tidak ada rangkaian elektronik atau battery di dalam kacamata) sehingga kacamata menjadi ringan dipakai oleh penonton.

IMAX (bahasa Inggris: Image Maximum) adalah sebuah proyeksi film yang memiliki kemampuan menampilkan gambar dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar dari film konvensional lainnya. Standar layar IMAX adalah 22 meter lebar dan 16 meter panjang (72,6 x 52,8 kaki), namun bisa lebih besar lagi. IMAX adalah format film khusus yang sukses.

Variasi dari IMAX adalah IMAX Dome (dulunya disebut OmniMax), dirancang untuk proyek kubah planetarium yang di"tilt".



Teknologi sistem cinema Real D menggunakan single digital projector yang merupakan sebuah sistem proyeksi yang sempurna bagi film 3D dimana masing-masing bagian mata kanan dan kiri menerima gambar dengan akurasi yang komplet sehingga menghadirkan sensasi visual nonton film bioskop menjadi semakin nyata.Untuk menonton film-film ini, para menonton wajib menggunakan kacamata khusus Real D Cinema Eyewear, kaca matanya ini pun di design menarik, ya... hampir mirip kaca mata yang bisa dipakai sehari hari. David Hilman dari Blitzmegaplex mengatakan bahwa kacamata ini bisa digunakan untuk anak-anak berumur mulai 3 tahun. Sedangkan layarnyapun juga khusus bukan layar putih yang digunakan untuk menayangkan film biasanya, melainkan dengan menggunakan silver screen dimana hasil proyeksi gambar di layar akan terlihat lebih terang dan tajam.

Share: