Senin, 06 Mei 2013

Ohayo.... (^o^)

Ohayo.... (^o^)



Suasana Sabtu (20 April 2013) pagi itu terasa sangat berbeda. Semua siswa terlihat sangat antusias dengan datangnya Mika Okamura, relawan dari Jepang yang datang sebagai narasumber klub jurnalistik. kali ini tim Jurnalistik didampingi oleh Ustadzah Kiki karena Ustadzah Azmi berhalangan hadir. Tim jurnalistik yang terdiri dari Bita, Salsa, Orien, Nadia, Syifa, dan Farah terlihat agak canggung untuk wawancara. Namun, meskipun wawancara disampaikan dengan bahasa Inggris,mereka terlihat menikmatinya. Setelah berkenalan dan memberikan bunga dari kertas warna, mereka pun mulai sesi wawancara di ruang Perpustakaan Ulul Albab. Nah, apa saja yang ditanyakan para wartawan cilik ini? Makin penasaran?ini dia hasil interview setelah diterjemahkan. Let’s check it out!

Ohayo gozaimas (selamat pagi…..)
Dalam rangka apa anda berkunjung ke Indonesia?
Saya berkunjung ke Indonesia untuk menjadi seorang relawan. Saya bekerja sebagai guru Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang untuk anak jalanan di Pasir Sari selama 4 bulan dari awal Maret sampai akhir Juni. 
Apa yang anda ketahui tentang Indonesia?
Saya suka makanannya, orangnya, dan tempat wisatanya yang luar biasa. Saya suka nasi goreng, mi goreng, dan jus jambu. Tapi saya harus hati-hati dengan sambalnya. Pedasnya….. (wah…kita harus coba buat sambal yang bersahabat nih,hehe…)
Indonesia memiliki berbagai macam suku dan agama. Bagaimana dengan Jepang?
Umumnya di Jepang memiliki budaya yang seragam. Hanya saja bahasanya memiliki logat sendiri-sendiri di daerah tertentu. Untuk agama, yang terbesar adalah Budha kemudian Katholik, Hindu dan Islam. Islam sekitar 5 % dari jumlah penduduk Jepang. Selain agama, Jepang juga memiliki berbagai jenis kepercayaan.
Pekalongan memiliki Batik sebagai baju khas. Apa baju khas di Jepang?
Kita punya Kimono untuk laki-laki dan perempuan. Sedangkan di musim panas kita punta Yukata dengan kain yang lebih tipis. 
Mengenai fashion, produk apa yang paling diunggulkan di Jepang?
Jepang memiliki kualitas kain yang bagus. Bahkan tahan sampai sepuluh tahun pemakaian.
J-Pop sangat terkenal di Indonesia. Bagaimana dengan di Jepang? Apakah anda juga tahu tentang AKB 48? Tentu saya tahu tentang AKB 48. Mereka cantik dan menyenangkan serta terkenal di kalangan anak muda Jepang. Saya juga tahu kalau ada versi Indonesianya, JKT 48. Mereka adalah bagian dari J-Pop. Kalian tahu tentang Doraemon?Naruto? mereka adalah kartun unggulan di Jepang. Kami menikmatinya dalam versi komik dan animasinya.

Nah, dari hasil wawancara kita jadi tahu bahwa Mika membawa misi mulia yaitu untuk mencerdaskan anak-anak yang kurang beruntung tidak dapat bersekolah. Subhanallah…..apa jadinya kalau hal itu kita lakukan bersama-sama? Pasti akan membanggakan setiap muslim yang melihatnya.
Itulah sekelumit kisah wawancara tim jurnalistik dengan Mika, relawan Jepang yang selalu menjawab dengan sabar setiap pertanyaan yang disampaikan.
Salam Redaksi ^0^





 
Share: