Jumat, 27 Mei 2011

Adab Menghafal dan Membaca Al-Qur'an - SDIT Ulul Albab

ADAB MENGHAFAL DAN MEMBACA AL-QUR'AN

Menghafal al-Quran adalah aktifitas mulia di sisi Allah. Ganjaran yang akan didapatkan pun tidak main-main. Demikian melimpah. Oleh karenanya maka ada beberapa adab penting ketika menghafal al-Quran, yaitu:


1. Mencari tempat yang bersih, menghadirkan mata hati dan selalu mengulang-ngulang ayat atau surat yang telah dihafal sebanyak mungkin.

2.
Menargetkan ayat-ayat yang hendak dihafal. Jangan terlalu memperbanyak hafalan, lalu mengikatnya dengan ayat sebelumnya, mengerti kaitan-kaitan dengan ayat-ayat serupa dan senantiasa mengulang-ngulangnya dalam shalat.

3.
Menjauhi segala macam bentuk was-was setan dan angan-angan kosong, memikirkan ayat yang dibaca dan memperhatikan maknanya.

4.
Menjalin hubungan yang dekat Allah, menjauhi segala maksiat dan mengamalkan apa yang telah dihafal.
5. Menjaga al-Quran agar aman dari kelupaan, membacanya bersama saudara-saudara seperjuangan dalam menghafal dan selalu mengingatkan dengan ayat-ayatnya setiap waktu.


6. Itqon, mengamalkan langsung dan menjadikannya sebagai pedoman dalam realita kehidupan.


7. Menangis ketika membacanya, khusyuk, senang dengan petunjuknya dan gembira dengan kelezatan isinya.


8. Konsentrasi kepada instruksi-instruksinya dan menghadapkan jiwa pada peraturannya dan membersihkan diri dari segala bentuk dosa kecil atau besar.


9. Bersuci sebelum memulai menghafal, penuh perhatian dan jangan berniat menghafal untuk mendapatkan popularitas dan disebut-sebut hebat.


10. Jangan terlalu memporsir bacaan sehingga mengakibatkan timbulnya kebosanan. Tapi selalu menjadikan cita-citanya adalah beramal dan mempersiapkan diri menghadapi ajal kematian.


11. Tidak bercanda ketika menghafal, menjauhi gurauan, tidak memelintir ayat dan menyibukkan dirinya perbuatan yang sia-sia.


12. Menjauhkan diri dari sikap serampangan dan takalluf (memaksakan ayat dengan peristiwa), seperti misalnya mengaitkan kejadian realita dengan ayat yang sebenarnya tidak pantas untuk dikait-kaitkan.


13. Menghindari sikap berteriak keras, memperbanyak canda, selalu tawadhu, merendahkan diri dan membiasakan diri menjadikannya sebagai zikir harian, siang dan malam.


14. Zuhud, banyak mengingat Allah, menyebarkan salam, menghormati tamu, memberi makan, berbakti kepada orang tua dan menyambung tali silaturrahim.
Wallahu a'lam bish-showab

Sumber : http://ngajiquranonline.blogspot.com




....
Share: