Sabtu, 14 Mei 2011

Kampung Wisata Batik Pesindon

KAMPUNG WISATA BATIK PESINDON KOTA PEKALONGAN



Hari Ulang Tahun Kota Pekalongan ke-105 bertepatan pada 31 Maret 2011, mendapatkan kado istimewa, satu tempat wisata batik lagi diresmikan di Kota Pekalongan, yaitu Wisata Kampoeng Batik Pesindon Pekalongan. Menyusul kampung batik Pekalongan lainnya yang telah diresmikan keberadaanya, seperti Kampung Batik Kauman dan Kampung Wisata ATBM dan Handicraft Medono. Selain tempat-tempat itu, Di Pekalongan sebenarnya banyak terdapat sentra-sentra Wisata Lainnya yang bisa dijadikan kunjungan wisatawan yang ingin memanjakan Wisata Belanjanya, Seperti Sentra Batik Buaran, Sentra Batik Setono dengan Pasar Grosir Batik Setono-nya, Sentra Batik Pabean, Sentra Pengrajin Tahu Duwet, Sentra Pengrajin Tempe Kuripan,dan lainnya.


Berbeda dengan kampung batik lainnya, Kampung Wisata Batik Pesindon menyediakan denah lokasi kampoeng wisata batik pesindon Pekalongan yang mudah dilihat yang berada pas di pintu masuk Kampung Pesindon, sehingga para wisatawan bisa mengetahui dengan detail denah wisata dan mengurangi resiko tersesat.

Selain itu, di setiap gang yang mengarah ke salah satu pengrajin batik juga diberikan tanda petunjuk arah nama-nama dari pengrajin batik di kampung pesindon ini. Jadi bagi Anda yang sudah mempunyai langganan batik dari kampung batik pesindon, jika melewati pekalongan bisa mampir ke kampung batik ini, karena tempatnya terlewati oleh jalur pantura (belakang kantor Telkom Pekalongan).

Kampung Pesindon ini adalah sebuah Perdukuhan yang wilayahnya berada di Kelurahan Kergon dan sebagian kecilnya yaitu pada gang 1A berada pada wilayah Kelurahan Bendan. Di Gang 1A inilah terdapat Batik Bachir Latifah yang berada dipintu gerbang masuk ke SDIT Ulul Albab Pekalongan.

Launching Telecenter Kampung Batik Pesindon Pekalongan

Bersamaan dengan Hari Ulang Tahun ke 105 Kota Pekalongan diresmikan Telecenter Kampung Batik Pesindon. Peresmian telecenter ini dilakukan oleh Bapak Walikota Pekalongan dr.H.M. Basyir Ahmad dan Kepala BPPT DR. Marzan A Iskandar. Pada kesempatan ini hadir pula Komisaris Utama PT. Telkom Indonesia Jusman Syafii Djamal
dan Bapak Wakil Walikota Pekalongan Ahmad Alf Arslan Djunaid yang merupakan Putra Pesindon dan dihadiri juga oleh segenap komunitas pengrajin batik di kampung batik pesindon.

Telecenter terdapat beberapa komputer dan akses internet TELKOM Speedy yang bisa dimanfaatkan oleh semua komunitas pengrajin batik di kampung batik pesindon. Selain komputer yan terhubung ke internet, juga terdapat pula akses TELKOMHostpot. Semua layanan internet dan hotspot adalah kerjasama antara Kampung Batik Pesindon dengan PT. TELKOM Indonesia area Pekalongan.

Selain itu, di setiap gang yang mengarah ke salah satu pengrajin batik juga diberikan tanda petunjuk arah nama-nama dari pengrajin batik di kampung pesindon ini. Jadi bagi Anda yang sudah mempunyai langganan batik dari kampung batik pesindon, jika melewati pekalongan harus mampir ke kampung batik ini, karena tempatnya terlewati oleh jalur pantura (belakang kantor Telkom Pekalongan).

Usaha batik di Kota Pekalongan juga telah menjadi perhatian dan konsentrasi jajaran eksekutif & legislatif Kota Pekalongan. Usaha batik merupakan usaha yang berbasis ekonomi kerakyatan, dimana usaha batik ini akan mampu menyerap banyak tenaga kerja mulai dari proses pembuatan kain textil bahan batik, proses pembatikan, proses garment atau penjahitan, dan proses pemasaran produk batik itu sendiri.

Warga Pekalongan benar-benar didorong untuk menjadi enterpreunership sejati, sehingga mampu mengurangi pengangguran dan bahkan menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan PDRB Kota Pekalongan.


Sumber: http://wisatabatikpesindon.com dan
Share: