Minggu, 08 Mei 2011

Multiple Intelligence Research (MIR) di SDIT Ulul Albab Pekalongan

Multiple Intelligence Research (MIR) 
di SDIT Ulul Albab Pekalongan


Ahad pagi yang cerah sejak pukul 07.00 pagi, secercah wajah-wajah polos ceria penuh harapan para calon siswa baru beserta orang tua/Wali Murid SDIT Ulul Albab Pekalongan berdatangan di Kampus 1 SDIT Ulul Albab Pekalongan yang berada di Komplek Kampung Wisata Batik Pesindon Pekalongan.
Ahad 8 Mei 2011 ini memang SDIT Ulul Albab Pekalongan menyelenggarakan kegiatan spesiall menyambut Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan menyelenggaran Observasi untuk calon siswa baru dengan menggunakan pendekatan Multiple Intelligence Research (MIR). Jumlah siswa yang mengikuti MIR kali ini ada 96 calon siswa baru.
Metode MIR ini disusun oleh Munif Chatib dengan pendekatan menggunakan teori Kecerdasan yang disusun oleh Howard Gardner. Howard Gardiner membaginya menjadi delapan kecerdasan, meliputi kecerdasan bahasa, gerak, musik, gambar, angka, alam, bergaul atau kecerdasan diri.
Metode ini dipakai untuk mengenal para calon siswa untuk mengetahui tingkat masing-masing jenis kecerdasan tersebut pada masing-masing anak. Observasi atau Research terhadap calon siswa ini dilakukan berbasickan pada Habbit (Kebiasaan) siswa. Dari MIR ini maka akan diketahui bagaimana gaya belajar masing-masing siswa, sehingga bisa dijadikan Modal bagi Guru dan Orang Tua bagaimana melakukan pendekatan pembelajaran pada masing-masing siswa. Bahwa setiap anak pasti memiliki keunikan masing-masing.
Dokumentasi Pelaksanaan MIR di SDIT Ulul Albab pada Ahad, 8 Mei 2011.
Ustadz Nonon melakukan observasi anak dengan santai…
Ustadzah Novi Hidayati
Ustadzah Sulistyowati

Ustadzah Anita Mardiana


Ustadz Husni Mubarok

Ustadz Musta'in

Ustadzah Linda

Ustadzah Sulistyowati

Ustadzah Sulistyowati

Ustadzah Nur Azizah

Ustadzah Nur Azizah
Ustadzah Anita Mardiana
Share: